Bahayakah Sufiyah?

 


Fatwa Ulama: Bahayakah Sufiyah?


Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ 2: 86


Soal:

Apa itu sufiyah dan apakah ajarannya membahayakan agama? Apa hukum duduk bersama orang-orang sufi?

Jawab:

Umumnya, sufi di zaman ini adalah kelompok yang telah salah jalan (alias: sesat). Cara mereka beragama telah menyelisihi ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ajaran agama mereka diambil dari pembesar dan guru-guru mereka. Mereka pun percaya bahwa guru-guru mereka tadi dapat memberikan manfaat dan mendatangkan bahaya selain Allah. Tidak boleh duduk di majelis mereka kecuali jika ingin mengajak mereka untuk berpegang teguh dengan ajaran Rasul.

Wa billahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad, wa aalihi wa shohbihi wa sallam.

Ditanda tangani oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz selaku ketua; Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh,  Syaikh Sholih Al Fauzan, Syaikh Bakr Abu Zaid selaku anggota.

 

* Al Lajnah Ad Daimah adalah komisi fatwa di Saudi Arabia, yang berpusat di kota Riyadh. Sebelumnya diketuai oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz. Saat ini  diketuai oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh dan terdapat anggota-anggota yang duduk saat ini seperti Syaikh Sholih Al Fauzan.


Allah Ta’ala menciptakan akal diantaranya agar manusia dapat beribadah kepada-Nya, mentaati semua perintah-Nya, dan menjauhi semua larangan-Nya. Oleh karena itu, segala hal yang dengannya dapat menyebabkan hilangnya akal untuk melakukan hal-hal tersebut tanpa ada alasan syar’iy, haram hukumnya.

Kemudian,.... mari kita lihat 2 video berikut :



Ajaran Islam Datang untuk Menjaga Akal, Ajaran Shufi Datang untuk Menghilangkan Akal



 
Sumber artikel : muslim or id

Sumber video : abul-jauzaa

Repost : Berbagi Ilmu Kajian Sunnah




Posting Komentar

0 Komentar